TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

14 September 2010

PEMPROV. TARGET SAHAM ENERGI EQUITY SENGKANG

Pemprov. Sulsel terus mengepakan sayap bisnisnya. Kali ini, melalui Perusahaan Daerah (Perusda),Pemprov. menargetkan kepemilikan salam pada PT. Energy Equity Epic Sengkang (EEES) yang mengelola sumur gas di Kabupaten Wajo. Kepemilikan saham tersebut diharapkan menjadi representasi sebagai daerah penghasil gas. Penanaman saham tersebut sekaligus dilakukan agar pemerintah memiliki power untuk mengontrol
pasukan gas yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Pengalaman beberapa waktu lalu, PT. EEES menghentikan pasokan gas untuk PLTG Sengkang. Akibatnya, suplai listrik untuk wilayah Sulsel menjadi defisit dan berimbas pada pemadaman bergilir. Sementara,pemerintah tidak memiliki power untuk memerintahkan perusahaan asal Australia tersebut untuk mensuplai gas secara normal.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPND) Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengatakan, Jika ini terealisasi maka Pemprov. akan memiliki kekuatan untuk mengontrol Energy Sengkang sehingga kejadian pemadaman listrik akibat tidak ada pasokan gas, tidak terulang dikemudian hari. Sekedar diketahui Mei lalu PT. EEES menghentikan pasokan gas ke PLTG Sengkang. Akibatnya, system kelistrikan Sulselbar mengalami deficit 159 Megawatt. Penghentian pasokan tersebut dilakukan menyusul penyegelan kompleks sumur gas oleh warga setempat yang menuntut dana bagi hasil.

Lanjut Irman mengatakan, sifat saham yang ditanamkan nantinya adalah saham public. Pemprov. tidak akan mendapatkan royalty karena sifatnya hanya saham kosong, namun mampu mengontrol atau memiliki power untuk mengintervensi pasokan gas oleh EEES. Untuk merealisasikan hal tersebut, mungkin Pemprov. Sulsel akan mendorong Perusda Sulsel untuk masuk dalam jajaran pemilik saham EEES. Apalagi perkembangan unit bisnis Pemprov. tersebut dalam dua tahun terakhir menunjukkan trend positif dari segi perolehan laba.

Selain itu, Pemprov. Sulsel masih membuka pintu untuk masuknya investor yang berminat mengelola potensi gas di Kabupaten Sengkang. Saat ini, dari Sembilan sumur gas yang ada, baru satu yang dikelola oleh investor yakni EEES. Mengenai potensi gas yang terkandung, Irman mengatakan secara nasional, sumur gas sengkang masuk dalam kategori small gas. Asumsi cadangan gas yang dimiliki, bertahan hingga 30 tahun ke depan.

Tina/Hj.Ros ( www.sulsel.go.id. Selasa, 14 September 2010)

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada