TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

07 July 2010

MENGINTIP PELUANG TIM SEMIFINALIS PIALA DUNIA 2010

Babak semi final siap digelar. Empat tim terkuat di jagat sepak bola siap bertemu untuk memperebutkan tempat final dan mencatatkan sejarah negara mereka di sana. Berikut ulasan peluang tiap tim untuk menjejakkan kakinya di final. Ulasan ini kami lihat dari kekuatan tim, kelemahan, dan juga faktor sejarah mereka semenjak Piala Dunia pertama kali diadakan. Mengapa faktor sejarah kami ikutkan? Sebab sejarah dalam Piala Dunia selalu berulang dan lagi semua tim sedang berlomba untuk menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola, karena inilah Piala Dunia pertama kali yang digelar di benua hitam Afrika.

Uruguay

Kekuatan
Negara ini menjadi satu-satunya wakil benua Amerika yang tersisa di Afrika Selatan. Berstatus sebagai kuda hitam maka akan meningkatkan mentalitas pemain mereka untuk bermain lepas tanpa beban. Diego Forlan, striker maut peraih dua kali top skor La Liga ini akan menjadi andalan utama mereka di lini depan.
Kelemahan
Mereka tidak memiliki pemain tengah yang bisa menjadi kreator serangan atau playmaker, sang striker Diego Forlan lebih banyak mundur untuk menjemput bola sendiri. Kekuatan lini belakang mereka akan berkurang menyusul cedera sang kapten Diego Lugano saat melawan Ghana. Ia sendiri belum bisa dipastikan sembuh saat melawan Belanda, sementara Jorge Fucile juga mendapat hukuman karena akumulasi kartu kuningnya. Sedangkan lini depan mereka akan sedikit tumpul menyusul hukuman kartu merah bagi Luis Suarez atas aksi penyelamatan 'tangan tuhannya'. Besar kemungkinan ia akan digantikan striker unik mereka, Sebastian Abreu. Abreu menjadi unik sebab dia seorang pemain yang memperkuat 16 klub dari 13 tahun pengalamannya malang melintang di dunia sepak bola.


Faktor Sejarah
Uruguay memiliki catatan tersendiri dalam keikutsertaan mereka di Piala Dunia, mereka menggenggam juara pada tahun 1930 dan 1950. Di tahun 1970 mereka berhasil menembus semi final, namun sayang gagal melaju ke final karena ditekuk Brasil 1-3. Namun sayang pada tahun 1990 mereka tidak lolos kualifikasi. Jika siklus 20 tahunan memang sebuah tradisi dan mitos tersendiri bagi Uruguay, maka tidak menutup kemungkinan dewi fortuna akan mengantarkan tim ini ke final.

Belanda
Kekuatan
Mereka tampil tak terkalahkan selama 24 pertandingan terakhir. Brasil yang menjadi favorit juara sudah merasakan kehebatan tim ini. Tiga striker mereka merupakan jaminan mutu di liga Eropa, belum lagi mereka ditopang oleh playmaker sekelas Wesley Sneijder. Permainan terbuka dan menyerang ala total football yang lama dinanti sudah tampak kembali saat laga melawan Brasil.


Kelemahan
Starter mereka adalah pemain yang memiliki bayangan gelap dengan cedera, sebut saja Robin van Persie, Arjen Robben atau Joris Mathijsen, hal ini membuat permainan pemain tersebut terkesan tidak lepas dan cenderung lebih berhati-hati. Diving yang sering dilakukan Robben sudah menjadi catatan tersendiri bagi wasit FIFA, pemain ini sedang dalam sorotan karena aksi liciknya tersebut. Jika ia tetap bermain seperti itu bukan tidak mungkin sang bintang akan menjadi bumerang bagi Belanda. Absennya Nigel de Jong dan Gregory van der Weil karena akumulasi kartu akan membuat kekuatan mereka sedikit timpang di babak semifinal ini. Satu lagi kelemahan mereka adalah sering bermain buruk dan cenderung meremehkan jika melawan tim kecil di babak knockout.
Faktor Sejarah
Piala Dunia ini adalah piala dunia ke 9 bagi Belanda, namun faktor sejarah tidak berpihak pada mereka. Mereka tidak pernah menjadi juara dari Piala Dunia yang pernah mereka ikuti. Mereka hanya mampu menjadi runner-up saat tahun 1974 dan 1978 saja. Tahun ini adalah kesempatan mereka untuk mencetak sejarah.

Jerman
Kekuatan
Lini tengah dan depan mereka sangat menakutkan, mereka sudah mencetak 13 gol dari 5 laga yang mereka mainkan. Bahkan tiga pertandingan mereka lalui dengan memasukkan 4 gol yaitu saat melawan Australia, Inggris dan Argentina.Serangan balik dan bola udara menjadi kekuatan utama lini depan mereka, ada Miroslav Klose sang jago bola udara, serta jangan lupa set piece mereka sering berujung gol dalam sebuah pertandingan.
Kelemahan
Meskipun lini pertahanan mereka kita ketahui sangat disiplin dalam menjaga daerah mereka, namun sebenarnya lini belakang mereka dihuni pemain-pemain yang tidak memiliki kecepatan. Mereka sering kalah saat adu sprint dengan striker-striker mungil yang cepat. Absennya Muller di laga semi final nanti juga akan mengurangi kekuatan lini depan mereka.


Faktor Sejarah
Pantas kalau tim ini mendapat sebutan tim spesialis turnamen, mereka sering mengikuti babak kualifikasi dengan tertatih-tatih namun kemudian tampil garang di babak penyisihan hingga babak knockout. Mereka mengikuti turnamen ini sudah 16 kali dan meraih 3 kali juara pada tahun 1954, 1974, serta 1990. Mereka juga telah menjadi runner up 4 kali, itu berarti sudah 7 kali mereka masuk babak final. Tradisi dan sejarah ada di pihak jerman daripada ketiga kontestan final four lainnya.

Spanyol
Kekuatan
Selain memiliki top skor sementara yaitu David Villa, kolektifitas permainan dan kekompakan yang menjadi senjata mereka. Maklum 4 dari pemain inti mereka berasal dari satu klub terbaik di Spanyol, Barcelona dan sudah klop satu sama lain. Duet Xavi-Andres Iniesta di lini tengah dan duet Gerrard Pique-Carlos Puyol di lini belakang merupakan inti permainan Barcelona yang dibawa ke Spanyol.
KelemahanPemain belakang mereka adalah bek yang doyan ikut menyerang, sering teledor dan terlambat untuk kembali ke pos pertahanan. Perseteruan antara Iker Casillas dengan Jabulani bisa disebut juga sebagai kelemahan Spanyol saat ini. Tercatat sudah tiga kali Casillas hampir melakukan blunder saat mencoba menangkap si bola penuh masalah ini. Sang kiper sekaligus kapten ini harus lebih berhati-hati.


Faktor Sejarah
Sama seperti Belanda, Spanyol tidak memiliki sejarah yang bagus dalam Piala Dunia. Bahkan Spanyol belum pernah sekalipun masuk final, David Villa cs malah berhasil mengukir sejarah baru dalam Piala Dunia 2010 ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan mereka, Spanyol berhasil mencapai semifinal. Sejarah apalagi yang akan mereka pecahkan? (kpl/bola)

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada