TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

12 July 2010

Timnas Belanda Berdarah Indonesia


Netherlands

Timnas Belanda berdarah indonesia yang sebanyak 6 orang merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga bangsa Indonesia. Seperti Anda ketahui sepak terjang Timnas Belanda pada Piala Dunia 2010 belum pernah terkalahkan.

Dengan aksi para pemain Timnas Belanda yang sangat berbahaya dan mengejutkan para lawannya di lapangan hijau seperti halnya Timnas Brazil yang sangat difavoritkan pada Piala Dunia 2010.

TIMNAS BELANDA BERDARAH INDONESIA

No.5 Giovanni VAN BRONCKHORST Kapten Timnas Belanda 2010 -  Club Fayernood.

Giovanni Christiaan van Bronckhorst (dipanggil Gio (dibaca "jo", lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975; umur 35 tahun) adalah seorang pemain sepak bola dari Belanda. Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan. Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain Belanda dalam tim nasional Belanda yang berketurunan Indonesia. Ayah Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya berasal dari Saparua, Maluku. Satu hal yang unik, walaupun Gio lahir dan sudah lama menetap di Belanda, ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur yang kental dan khas, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia. Ia mengaku mendapat kemampuan itu dari ibunya yang asli Maluku.

Giovanni VAN BRONCKHORST

Giovanni VAN BRONCKHORST.


No.3 John HEITINGA - Club Everton (ENG)

John Gijsbert Alan Heitinga (lahir di Alphen aan den Rijn, 15 November 1983; umur 26 tahun) adalah bek kanan atau bek tengah tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 180 cm dan bermain di Ajax Amsterdam. Ia memperkuat timnasnya di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Heitinga merupakan satu dari sekian banyak pemain Belanda yang berketurunan Indonesia, ia adalah pemain berdarah Maluku.

John HEITINGA

John HEITINGA


No.6 Mark VAN BOMMELClub Bayern Munich (GER)

Mark Peter Gertuda Andreas van Bommel alias Mark van Bommel (lahir di Maasbracht, 22 April 1977; umur 33 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Belanda. Ia berposisi sebagai gelandang. Sejak musim 2006/07 ia memperkuat Bayern Muenchen. Tinggi badannya adalah 187 cm. Klub-klub yang pernah ia perkuat sebelumnya termasuk PSV Eindhoven dan FC Barcelona. Bommel pertama kali masuk tim nasional sepak bola Belanda pada tahun 2000. Hingga 25 Agustus 2006 ia telah bermain 40 kali di tim nasional dan mencetak 7 gol. Ia turut memperkuat Belanda di Piala Dunia 2006. Dia termasuk dalam sekian banyak pesepakbola Belanda yang memiliki keturunan Indonesia.

Mark VAN BOMMEL

Mark VAN BOMMEL


No.8 Nigel DE JONG – Club Manchester City (ENG)

Nigel de Jong (lahir di Amsterdam, Belanda, 10 September 1984; umur 25 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola yang berasal dari Belanda. Saat ini, ia bermain untuk Manchester City di Liga Utama Inggris dan juga bermain untuk tim nasional Belanda. De Jong merupakan pemain kelahiran Belanda berdarah Indonesia.

Nigel DE JONG

Nigel DE JONG


No.9 Robin VAN PERSIE – Club Arsenal (ENG)

Robin van Persie (lahir di Rotterdam, Belanda, 6 Agustus 1983; umur 26 tahun) adalah penyerang tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 183 cm dan bermain di Inggris FA Premier League untuk tim Arsenal. Ia termasuk anggota Timnas Belanda yang memperkuat negara tersebut di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010. Van Persie merupakan pemain keturunan Indonesia. Ia juga seorang muslim.

Robin VAN PERSIE

Robin VAN PERSIE


No.14 Demy DE ZEEUW – Club Ajax (NED)

Demy de Zeeuw pindah secara kontroversial dari AZ Alkmaar ke Ajax. Ia hanya dihargai 100 ribu euro. Namun pilihan bermain di Ajax sangat tepat untuk mengembangkan permainannya. De Zeeuw kini menjadi kunci permaianan Ajax. Pemain kelahiran 26 Mei 1983 ini sebenarnya mengawali karir profesionalnya bersama Go Ahead Ealges pada 2000. Lima tahun bertahan di sana, ia memilih pergi ke AZ. Sementara sebagai pemain timnas Belanda, De Zeeuw sudah bermain sejak 2007. Di bawah pelatih Bert van Marwijk ia bukan pemain inti. Namun ia pasti dibawa pelatih Belanda ke Afrika Selatan. Demy de Zeeuw juga memiliki keturunan Indonesia

Demy DE ZEEUW

Demy DE ZEEUW


Timnas Belanda berdarah indonesia ini  karena hubungan politik, perdagangan, dan budaya selama 300 tahun, banyak warga Belanda yang memiliki keturunan Indonesia. Diperkirakan sekarang terdapat sekitar 500 ribu orang yang memiliki keterkaitan dengan Indonesia, terutama berdasarkan keturunan, dan menjadi satu kelompok minoritas terbesar (Indisch-Nederlanders atau orang Indo) di Belanda.












No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada