TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

16 August 2008

Maniangpajo Dalam Berita

PELAKSANAAN HARI PRAMUKA DI MANIANGPAJO

Untuk memeriahkan Hari Pramuka ke-47 Tahun 2008, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Maniangpajo melaksanakan perkemahan di Areal Perkemahan Lapangan Sepak Bola Callaccu, 12 s.d 14 Agustus yang lalu.
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo, Drs. H. Mohammad Ridwan, M.Pd, LT yang bertindak selaku pembina upacara pada upacara pembukaan yang dirangkaikan dengan upacara Hari Pramuka ke-47 mengajak kepada seluruh anggota pramuka untuk bersungguh-sungguh menyelenggarakan pendidikan nilai dalam rangka pembentukan watak, kepribadian dan pekerti kaum muda serta bersungguh-sungguh menyelenggarakan kecakapan hidup bagi kaum muda Indonesia.
Dalam kesempatan itu pula, Ketua Kwarcab yang juga maju sebagai Calon Wakil Bupati Wajo ini mendampingi H. A. Asmidin menyempatkan mengikuti pertemuan bersama dengan Kamabigus dan Bina Damping se-Kwarran Maniangpajo di Kompleks SDN 55/274 MattirowaliE setelah upacara berlangsung. Menurut Ridwan, Maniangpajo adalah daerah tempat kelahiran keduanya karena karir kepala sekolah diawali di SMA Negeri 1 Maniangpajo hingga akhirnya menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.
Sebelum pertemuan, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo ini memberikan hadiah kepada Ade Suriani, Anggota Pramuka SDN 359 Sogi yang lancar melafalkan Dwi Darma. Ade Suriani yang ditemui sesaat setelah suami Hj. Muliati, S.Pd ini meninggalkan Areal perkemahan mengaku hadiahnya berupa uang sebesar seratus ribu rupiah. Ketika ditanya tanggapannya, dengan sifat keluguannya Ade menjawab “senang sekali-ka’ dikasi uang, digendong-ka juga” namun, ketika ditanya siapa yang memberinya uang, Ade malah menggelengkan kepala. Ade juga mengaku uang tersebut akan dibelikan baju baru untuk persiapan lebaran.
Kegiatan perkemahan, di Areal Perkemahan Lapangan Sepak Bola Callaccu diikuti oleh seluruh Pangkalan di Kecamatan Maniangpajo dengan memperlombakan 19 jenis lomba. Dari hasil lomba tersebut, SDN 202 Anabanua tampil sebagai juara umum 1 untuk kategori pangkalan SDN diikuti oleh SDN 272 DualimpoE dan SDN 274 MattirowaliE sebagai juara umum II dan III. Sementara itu, untuk tingkat pangkalan SMP, SMPN 1 Maniangpajo dinobatkan sebagai juara umum I setelah menggungguli SMPN 3 Maniangpajo dan SMPN 2 Maniangpajo yang masing-masing menduduki juara umum II dan III
Ketua Panitia, Abidin Raukas, S.Pd yang didampingi oleh Wakil Ketua Sabaruddin, S.Pd dan Sekretaris Panitia, Yasser Arafat, S.Pd, mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarran Maniangpajo merupakan sebuah pertemuan seluruh komponen insan pramuka di Kwarran Maniangpajo. Abidin berharap, dengan selesainya perkemahan tersebut, tidak berarti kegiatan pramuka di gudep juga harus berhenti, melainkan harus ditingkatkan. Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Pramuka ke-47 Tahun 2008, “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Pacu Perkembangan Gerakan Pramuka”.
Kegiatan perkemahan yang dilaksanakan Kwarran Maniangpajo, juga dirangkaikan dengan pembukaan Latihan Kepenegakan pangkalan SMAN 1 Maniangpajo yang ditandai dengan pelaksanaan upacara adat ambalan yang disaksikan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo. Selain itu, terungkap pula bahwa anggota pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam rangka memperingati 101 tahun kepanduan dunia dan menyambut 47 tahun Gerakan Pramuka serta 63 Tahun Kemerdekaan Indonesia melaksanakan penjelajahan/hekking pada tanggal 29 s.d 30 Juli yang lalu. (Accher)

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada