TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

25 October 2009

Sambutan Wakil Ketua Kwarcab Wajo (Idris Pawellangi, S.Pd.) pada Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Ekstrakurikuler SMAN 1 Maniangpajo

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillah,

 

Bapak Camat Maniangpajo beserta unsur Muspika selaku Unsur Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kecamatan Maniangpajo yang saya hormati,

 

Bapak Ketua bersama Pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 1 Maniangpajo yang saya hormati,

 

Bapak Kepala Sekolah bersama segenap jajaran yang saya hormati

 

Bapap/Ibu para tokoh pendidik, Pembina, Para Andalan Cabang, Dewan kerja yang saya hormati

 

Gurunda H. Abdul Karim Alif, selaku sesepuh pendidikan Maniangpajo yang saya muliakan dan banggakan

 

Alhamdulillah, marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, oleh karena atas perkenaannya, pada sore hari ini kita secara bersama-sama dari berbagai unsure komponen hadir ditempat ini dalam rangka mengikuti kegiatan pembukaan diklat ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Maniangpajo

 

Selanjutnya, perkenankanlah kami menyampaikan permohonan maaf, Bapak Ketua Kwartir, Bapak Drs, H, Mohammad Ridwan Angka, M.Pd., LT. beliau tidak sempat hadir hari ini karena sementara mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Bapak Bupati Wajo bersama dengan Bapak Kepala Dinas Pendidikan, sehingga kepada kami selaku unsur Wakil Ketua Kwartir ditugaskan untuk melakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Majelis, Dewan Pembina beserta Dewan Ambalan. Untuk itu saya selaku pribadi, menyampaikan terima kasih kepada panitia, terutama kepada bapak ketua komite, Bapak kepala sekolah, atas amanah ini yang diberikan kepada saya walaupun kilahatannya saya secara organisasi, layaknya pak ketua harus hadir. Tapi, karena kesibukan dan tidak diizinkan sehingga kepada kami diamanahkan. Bapak-bapak harus tahu bahwa kami ini sudah diluar dari kedinasan karena kami sudah purnabakti sejak Mei lalu. Untuk itu kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak ketua Komite, dan kepada seluruh warga Kampus Cemara ini, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kegiatan ini.

 

Sangat membanggakan Bapak-bapak sekalian pada inisiatif, barangkali dari Wakasek Kurikulum atau semua pendidik disini dengan adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikemas sehingga dapat menjalankan delapan kegiatan ekstrakurikuler yang berbentuk pengembangan diri bagi siswa. tentu sesuai dengan kompetensi dan bakat masing-masing. Jadi,  saya kira  dengan delapan induk ekstra ini yang terbagi lebih duapuluh cabang kegiatan. Mudah-mudahan diantara kegiatan itu mampu mengembangkan tiga ranah pendidikan, baik afektifnya maupun kognitifnya dan psikomotornya.

 

Kemudian mudah-mudahan ananda sekalian dalam mengikuti kegiatan ekstra ini, kecerdasan emosi dapat ditingkatkan dan begitu juga kecerdasan spiritual dan tentu juga tak kalah pentingnya kecerdasan keterampilan ananda sekalian.

 

Khusus Pramuka, sesuai program Bapak Gubernur selaku Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Selatan, tahun depan kita ditantang mau melihat wajah-wajah pramuka tampil di provinsi mengikuti pengukuhan sebagai pramuka garuda diantaranya adalah diminta dari SMA di Wajo ini. Ada tiga belas pangkalan, sebelas swasta yang membina pramuka mengikuti kegiatan ekstra ini yang juga merupakan pengembangan diri, diharapkan sangat, minimal kalau tidak bisa sampai lima-lima putra-putri, biarlah satu yang penting benar-benar ada dari Pembina/tim Pembina penegak ini, putra-putri ada penegak, ada pramuka garuda nanti dicetak, menjelang empat belas Agustus 2010. Itu harapannya Bapak Gubernur, sekaligus Ketua Kwartir daerah Sulawesi Selatan. Kita ditargetkan minimal sepuluh putra dan sepuluh putri ditampilkan di Provinsi. Oleh karena itu, kami sangat berharap di SMA Maniangpajo ini, melalui Dewan Ambalan/Pembina, kiranya tentu dengan dukungan para orang tua, dorongan para komite, kita mencetak ini Bapak-bapak sekalian. Tentunya diawali kegiatan ini adalah Penegak Bantara harus disiapkan menjadi Penegak Laksana. Karena itulah dasarnya kita ikut.

 

Untuk itu, kepada Pengurus Kwartir, kalau memang Maniangpajo belum sempat memiliki petunjuk ataukah petunjuk penyelenggaraan pramuka garuda barangkali secepatnya diberikan. Karena tadi, laporan panitia kegiatan ini tidak akan ditutup. Dan memang kegiatan ini harus berlangsung terus menerus. Ya lestari. Dan saya kita semua kegiatan ekstra seperti itu tidak ditargetkan satu minggu, satu bulan. Pokoknya berjalan terus sesuai dengan bakat dan kemampuan ananda semua. Semua cabang esktra ini diharapkan berjalan secara terus menerus, namun diharapkan tidak mengganggu kegiatan intrakurikuler dalam hal pembinaan kecerdasan intelektual, karena para pakar pendidikan mengatakan bahwa kalau ananda sekalian hanya mampu menguasai kecerdasan intelektual maka hanya 40% dijamin dapat diaplikasikan nanti di masyarakat. 60% diharapkan adalah dari kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, dan juga kecerdasan keterampilan.

 

Itu harapan kita, saya kira. Dan mudah-mudahan di SMA Maniangpajo ini, bisa menjadi sebuah contoh, bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain dalam hal pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan kaitannya dengan pengembangan diri siswa sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

 

Saya kira, mungkin itulah yang sempat saya sampaikan, selaku Pembina upacara pada saat ini, sekaligus mewakili Pak Ketua Kwartir dan menitipkan harapan juga dari Pak Kepala Dinas. Saya kira dengan izin kita semua yang hadir, baik dari Tokoh Masyarakat, Orang Tua kita semuanya dan tentu didukung dengan ananda sekalian. Mari kita bersama membuka kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Maniangpajo dengan mengucapkan Bismillahir rahmanir Rahim. Mudah-mudahan Allah SWT mwrahmati kita sekalian

 

Terima Kasih

 

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

1 comment:

  1. ass.sikampong....sekedar nyari2 tmn nak sengkang ne..
    salam kenal
    sa juga asli sengkang

    ReplyDelete

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada