TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

10 May 2010

Minat Baca Indonesia Rangking 96

Laporan Human Development Report 2008/2009 yang dikeluarkan UNDP menyatakan minat membaca Indonesia berada di peringkat 96 dari negara seluruh dunia. Ini sejajar dengan Bharain, Malta dan Suriname. Di Asia Tenggara, hanya ada dua Negara di bawah Indonesia, yaitu Kamboja dan Laos.
Kondisi ini diperparah dengan minimnya buku yang terbit. Berdasarkan data yang ada buku yang diterbitkan hanya sekitar 10 ribu judul. Jumlah ini sama dengan Malaysia yang mempunyai jumlah penduduk hanya sekitar 26 juta atau hanya sekitar 15 persen dari penduduk Indonesia.

"Sekarang ini anak-anak atau masyarakat lebih tertarik menonton TV atau mendengarkan radio dan bermain games daripada membaca koran," ujar Eky Handayani dari Centre for Social Marketing dalam diskusi Minat Baca Anak versus Multimedia yang berlangsung di Hotel Sahid Jaya Jakarta, belum lama ini.

Centre for Social Marketing merupakan lembaga yang mempunyai kepedulian untuk menumbuhkan minat baca. Mereka mendorong perlunya gerakan minat baca berkelanjutan yang sifatnya strategis, menyeluruh, terukur yang memperoleh dukungan masyarakat, pemerintah, LSM ataupun perusahaan.

Perkembangan teknologi multimedia di Indonesia, katanya memberikan pengaruh minat membaca buku. Media TV, Radio, Internet dan Telepon Selular untuk mengakses informasi dan hiburan, secara perlahan menyingkirkan buku dari perannya sebagai jendela informasi dunia yang mampu menstimulasi imajinasi serta melatih konsentrasi pembacanya.

"Selain itu, kurangnya persediaan buku - buku yang berkualitas baik serta harga buku yang mahal di Indonesia juga memberikan pengaruh buruk terhadap minat membaca masyarakat," ungkapnya.

Eky memandang yang diperlukan sikap konsisten dari penulis maupun penerbit untuk mampu secara konsisten menghasilkan bahan bacaan yang mempunyai desain maupun tulisan yang enak dibaca serta sesuai dengan kondisi anak, tersedianya sarana bacaan anak yang layak dan berkelanjutan sehingga anak mempunyai kebiasaan membaca.

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada