TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

08 May 2010

Sambutan Kepala SMAN 1 Maniangpajo pada Milad XVIII Kampus Cemara

Bismillahir Rahmanir Rahim

Assalamu'alaikum wr. wb.

 

Yang terhormat   Bupati Wajo

Yang terhormat   Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo

Yang terhormat   Tripika Kecamatan Maniangpajo

Yang terhormat   Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo

Yang terhormat   Ketua Komite SMA Negeri 1 Maniangpajo

Yang terhormat   Pendiri SMA Negeri 1 Maniangpajo melalui wadah Yayasan Pendidikan Maniangpajo

Yang terhormat   Mantan Kepala SMA Swasta Anabanua dan Mantan Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo

Yang terhormat   Tokoh Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Para Undangan, Orang Tua/Wali Siswa Kelas XII, Pembina SMA Negeri 1 Maniangpajo, dan Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Maniangpajo yang juga saya banggakan

 

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayat-Nya, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat bersama Bapak Bupati Wajo di Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam rangka menghadiri Acara Milad XVIII Kampus Cemara yang bertemakan "18 TAHUN KAMPUS CEMARA, BERPIJAK UNTUK MELANGKAH, LARI UNTUK MENGEJAR, TERBANG UNTUK MELIHAT"

 

Mewakili Civitas Akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Wajo, Bapak Drs. H. Andi Burhanuddin Unru, M.M. beserta rombongan yang berkenan hadir dan mudah-mudahan akan selalu hadir pada setiap peringatan Milad Kampus Cemara.

 

Bapak dan Ibu yang saya hormati

 

Alhamdulillah, Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo telah memasuki usia 18 tahun. Sebuah usia, jika diibaratkan manusia, merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa. Namun, ini merupakan anugerah Allah SWT., sekaligus sebagai bukti dari amanah dan kepercayaan masyarakat kepada SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam menjalankan misi mencerdaskan kehidupan bangsa di persada negeri ini.

 

Tadi oleh 18 anak kita, telah mengingatkan kembali kepada kita sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Maniangpajo ini. Diawali dengan pertemuan Pengurus Yayasan Pendidikan Maniangpajo, kemudian pelaksanaan proses belajar mengajar di sebuah gedung di dekat Masjid Jami Anabanua, hibah tanah di dekat Bulog, sampai pada pembangunan SMA Negeri 1 Maniangpajo di areal yang kita tempati sekarang ini, semuanya diperagakan dengan gamblang disertai dengan sebuah harapan untuk menjadikan Kampus cemara ini sebagai innovative, competitive, and creative school, serta mampu memberikan pendidikan yang layak, bermutu dan berkeadilan kepada masyarakat. Olehnya itu, butuh keberanian dan nyali untuk menentukan yang terbaik untuk sekolah ini.

 

Hadirin yang berbahagia

 

Banyak hal telah dirintis dan dikhidmadkan SMA Negeri 1 Maniangpajo untuk daerah ini. Ada pula hal-hal yang belum tergarap dengan baik dan masih menjadi tantangan kami kedepan. Berbagai rintanganpun telah banyak dilalui oleh sekolah ini dalam rentang usia yang masih belia. Namun harapan yang paling besar untuk tahun-tahun ke depan ialah bagaimana agar Sekolah Menengah Atas yang sama-sama kita cintai ini dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih maju sehingga dapat membangun masyarakat yang sebenar-benarnya sebagaimana yang dicita-citakan.

 

Di tengah memperingati Milad ke-18 ini, Civitas Akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo sungguh prihatin dengan kondisi bangsa saat ini. Diamana ditengah krisis yang melanda bangsa kita masih tampak lemahnya "sense of crisis", rasa prihatin berada dalam suasana krisis. Pola hidup mewah, tidak bersungguh-sungguh, kebiasaan bermain-main narkotika, ribut dalam urusan-urusan yang tidak perlu, sikap mementingkan diri dan kelompok sendiri, dan kesan tidak prihatin masih tampak dalam pemandangan sehari-hari baik dimasyarakat maupun para elit dan penentu kebijakan. Padahal, negeri ini laksana kapal yang tengah oleng, yang memerlukan i'tikad dan kesungguhan luar biasa dari seluruh komponen bangsa untuk menyelamatkannya

 

Olehnya itu, sebagai rangkaian dari peringatan Milad XVIII Kampus Cemara ini, juga dilaksanakan Pemilihan Putera-Puteri Cemara, Pameran Kreativitas Siswa, Pentas Seni, Bazaar, dan Ramah Tamah, yang sistem dan pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada siswa, sebagai bagian pembelajaran kepada mereka.

 

Bupati Wajo yang kami muliakan

 

Sebagaimana arahan Bapak bahwa sekolah diperbolehkan menyelenggarakan Pisah Tamat bagi siswa Kelas XII asalkan tidak terkesan mewah. Perlu kami sampaikan bahwa setiap tahun, SMA Negeri 1 Maniangpajo merangkai kegiatan tersebut dengan kegiatan seperti yang sedang kita ikuti sekarang ini, yakni Milad Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo. Rangkaian acara yang telah kami sampaikan sebelumnya telah berlangsung sejak dua hari yang lalu.

 

Alhamdulillah, kegiatan tersebut dalam pantauan kami mendapat dukungan positif dari berbagai lapisan masyarakat. Bukan saja bagi mereka yang berdomisili di Wilayah Kecamatan Maniangpajo, akan tetapi, kegiatan ini juga dikunjungi dan ditonton oleh Saudara-saudara kita dari wilayah di luar Kecamatan Maniangpajo diantaranya dari Kecamatan Tanasitolo, Kecamatan Tempe, dan Kecamatan Belawa, bahkan kami mendapatkan kunjungan dari Saudara-saudara kita yang berdomisili di Kabupaten Tetangga, yakni Kabupaten Sidrap. Kunjungan mereka, tentunya ingin melihat bagaimana kreativitas anak-anak kita di SMA Negeri 1 Maniangpajo ini, melalui kreativitas yang mereka pajang di Pameran, kreativitas  siswa, seni yang mereka pertontonkan di ajang pentas seni, begitupun dengan kreativitas memasak yang mereka perlihatkan pada bazaar.

 

Sekali lagi kami sampaikan bahwa pada kegiatan yang mendahului acara puncak kita hari ini, murni telah memberikan pembelajaran kepada siswa-siswa kita untuk menggali potensi dan bakat yang selama ini terpendam pada mereka. Pada pelaksanaan Pameran Kreativitas Siswa, misalnya. Mereka telah menyulap kelas menjadi sebuah stand pameran yang unik sesuai dengan tema yang diinginkan tanpa merusak kelas tersebut. Begitupun pada pelaksanaan bazaar, dalam sekejap SMA Negeri 1 Maniangpajo ini disulap layaknya sebuah restoran. Koki dan Pelayan adalah siswa SMA Negeri 1 Maniangpajo, sementara pengunjung restoran tersebut, juga disuguhi pertunjukan seni dari anak-anak kita yang menunjukkan bakat seninya melalui Pentas Seni, yang juga menjadi rangkaian acara ini.

 

Bapak dan Ibu yang kami hormati

 

Pada baliho yang terpasang di depan kita sekalian, tertulis kalimat "SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO BERINTERNET (BERSIH, INDAH, TERTIB, NYAMAN, ELOK dan TENTRAM) DALAM BINGKAI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI (RSKM)/RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (RSSN). Perlu kami sampaikan bahwa SMA Negeri 1 Maniangpajo, sejak pertengahan 2009 yang lalu, telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri atau yang lebih kita kenal sebagai Rintisan Sekolah Standar Nasional. Tentunya kita juga memahami bahwa sekolah ini pernah mewakili Sulawesi Selatan sekaligus terpilih pada sepuluh besar Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional, empat tahun yang lalu. Sehingga sungguh sangat tepatlah kami mengelolah sekolah ini dengan motto "BERSIH, INDAH, TERTIB, NYAMAN, ELOK dan TENTRAM" yang selanjutnya kami singkat BERINTERNET.

 

Akan tetapi Bapak dan Ibu, sungguh sebuah ironis jika jargon tersebut telah kami sosialisasikan kepada masyarakat, namun jaringan yang dibutuhkan untuk berinternet dalam arti mencari dan memberikan informasi melalui dunia maya sama sekali tidak ada di wilayah kita. Olehnya itu, kepada Bapak Bupati Wajo, civitas akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo memohon kepada Bapak, kiranya ada bantuan untuk memasukkan jaringan internet pada wilayah Kecamatan Maniangpajo pada umumnya dan SMA Negeri 1 Maniangpajo pada khususnya. Mengingat dalam kurung waktu tujuh tahun terakhir, SMA Negeri 1 Maniangpajo tercatat sebagai pemenang terbanyak pada pelaksanaan Olympiade Komputer tingkat Kabupaten Wajo

 

Bapak dan Ibu Orang Tua/Wali Siswa Kelas XII yang berbahagia

 

Tanggal 26 April 2010 yang lalu, telah dilaksanakan pengumuman kelulusan Ujian Nasional. Alhamdulillah, dari 128 peserta Ujian Nasional, hanya 1 orang yang diharuskan mengikuti Ujian Nasional Ulangan yang Insya Allah pelaksanaannya tanggal 10 Mei 2010 yang akan datang. Mohon doa dari Bapak dan Ibu, semoga siswa kita tersebut dapat lulus pada ujian nasional ulangan tersebut, sehingga SMA Negeri 1 Maniangpajo, pada tahun 2009/2010 ini kembali dapat meluluskan siswanya 100%.

 

Perlu kami sampaikan kepada Bapak dan Ibu bahwa, meskipun pada pengumuman Ujian Nasional Utama kemarin, terdapat 1 orang anak kita yang harus mengikuti ujian nasional ulangan, akan tetapi prestasi nilai anak-anak kita masih meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, utamanya pada mata pelajaran tertentu diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan beberapa mata pelajaran lain.

 

Hari ini, kepada Bapak/Ibu orang tua/wali siswa Kelas XII kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaannya kepada kami untuk membimbing, mendidik, mengajar, dan membina anak-anak kita selama tiga tahun pelajaran. Selama tiga tahun ini pulalah Bapak dan Ibu telah banyak membantu kami dalam mengembangkan sekolah yang kita cintai ini. Terima kasih, sekali lagi kami ucapkan kepada Bapak dan Ibu. Namun, permohonan maaf, juga kami haturkan kepada Bapak dan Ibu, jika sekiranya bimbingan, didikan, pengajaran, dan pembinaan yang kami lakukan selama ini tidak sesuai dengan harapan Bapak dan Ibu. Terus terang kami, masih ingin memberikan yang terbaik untuk memenuhi harapan Bapak dan Ibu. Namun, waktu yang meminta jika hari ini, Rabu, 5 Mei 2010 saya Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo mewakili civitas akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo mengembalikan anak-anak kita kepada Bapak/Ibu untuk dibina dan disekolahkan pada tingkat yang lebih tinggi lagi

 

Kepada Ananda Kelas XII, janganlah menjadikan hari ini sebagai hari terakhir di Kampus Cemara dan jangan pula menjadikan hari ini sebagai hari terakhir menuntut ilmu. Ananda adalah putera dan puteri terbaik Cemara. Hanya seperti inilah yang kami mampu berikan kepada Ananda selama tiga tahun, mudah-mudahan menjadi bekal untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih sukses dari apa yang pernah kami dapatkan. Songsonglah masa depan Ananda dengan prestasi yang gemilang. Kami yang ada disini hanya mampu menitipkan sebuah warisan, ditanganmulah masa depan bangsa ini berada

 

Hadirin yang berbahagia

 

Marilah kita berdo'a kepada Allah, agar kita senantiasa diberikan anugerah keselamatan hidup di dunia dan akhirat, dimasukkan ke dalam syurga jannatun na'im dan dijauhkan dari siksa api neraka. Semoga Allah senantiasa melimpahkan ridha dan karunia-Nya kepada kita. Amin ya rabbal 'alamin.

Nasrun minallah wa fathun qarib.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

 

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada