TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

14 June 2010

ANEH TAPI NYATA: PEMUDA 18 TAHUN MENIKAH DENGAN SAPI

GA (18) akhirnya 'dinikahkan' dengan seekor sapi betina di laut di kawasan Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (11/6/2010) siang. Pasalnya, lima hari sebelumnya, remaja warga Desa Yehembang, Jembrana, itu kepergok menyetubuhi sang sapi milik Wayan Yasa.

Informasi yang diperoleh Surya, Jumat (11/6/2010), perilaku ganjil GA terjadi di tepi pantai Jembrana, yang kerap digunakan untuk menggembalakan sapi. Dia tertangkap basah oleh Gusti Ngurah Dinar, yang kala itu melintas dengan kakaknya.

Melihat peristiwa aneh tersebut, Dinar langsung melaporkannya kepada petugas desa setempat. Setelah itu, Bendesa Pakraman, Desa Yehembang, Ida Bagus Legawa, pun mengusutnya. Dia, antara lain, meminta keterangan kepada GA maupun para saksi dan pemilik sapi.

Dalam perkembangannya, diputuskan bahwa GA harus dinikahkan dengan 'korbannya'. Prosesi 'pernikahan' manusia dengan sapi itu dilakukan di tengah laut. Dalam prosesi 'pernikahan' tersebut si pemuda mengenakan pakaian adat Bali, dan sang sapi betina dihias dengan kain putih. GA dan sapi bersanding hanya berjarak satu meter. Upacara dipimpin seorang pemangku.

Bagian dari prosesi upacara Pecaruan atau pembersihan desa tersebut dimulai sekitar pukul 12.00 Wita. Sebelum acara dimulai, ratusan warga Yehembang memadati lokasi persetubuhan GA dengan sapi di tepi pantai, Banjar Pasar. GA terus tertunduk selama prosesi. (surya)

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada