TULISAN DALAM BLOG INI, JUGA DAPAT DIBACA DI:

02 August 2008

MERAIH SUKSES BAGI PELAJAR

Oleh : Yasser Arafat AMP

Allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali jika orang tersebut tidak mau merubah nasibnya sendiri. berarti manusia sebagai kualifikasi atau penguasa dimuka bumi ini, yang dibekali akal pikiran dan kondisi jasmani - rohani yang sehat oleh Allah. makanya wajib berusaha sesuai bakat dan kemampuannya masing-masing.

Kita tidak bisa membangun apapun didunia ini sebelum kita membangun jiwa kita sendiri. Berhasil apa tidaknya maksut kita itu tergantung kepada keberhasilan hati kita. orang yang putus asa lenyap keberaniannya. karena putus asa adalah sifat dari segala hal yang sangat jahat. kita harus tahu bahwa punggung pedang kalau diasah akan tajam juga, olehnya itu janga berputus asa apalagi menjadi bosan.

Ya ... mengapa kita mesti bosan ? bukankah banyak hal yang bisa dipelajari dan diselidiki ? kita tidak pernah akan kehabisan bahan. ada atom, ada kehidupan didasar laut, ada bunga-bunga liar, ada ruang angkasa, ada puisi, ada musik, dan ada pula gejala-gejala yang terjadi dalam hati dan budi kita pada waktu kita mengalami peristiwa penting dalam hidup kita.

Semakin banyak kita belajar semakin banyak pula hal yang bisa kita ketahui, kurun waktu yang kita miliki terlalu pendek untuk bisa belajar dan mengetahui segala-galanya. kebosanan bukan hanya tidak berguna tetapi patut pula ditertawakan.

Oleh karena itu marilah kita hidup menurut diri kita. percayalah pada diri sendiri, jangan membiarkan orang-orang sekitar kita menjadi atasan kita. Gunakan akal untuk menemukan hal-hal yang ingin kita ketahui. Marilah kita mengerjakan apa saja yang menurut kita sendiri baik utnuk kita kerjakan.

Jangan memanipulasi orang lain, tetapi jangan pula membiarkan kita dimanipulasi oleh siapapun. kita harus mampu berkata “Ya, saya mau mengerjakan itu”, tetapi juga jangan takut untuk berkata “Lebih baik saya tidak mengerjakan itu, karena ada diluar kemampuan saya”. Hiduplah dengan jujur dan berani menurut rahmat yang kita terima pada saat itu.

Sejak selesai membaca tulisan ini, apa yang bisa anda peroleh ? Apa yang bisa anda perbuat dengan sesuatu yang anda peroleh itu ? Berpangku tangan, melamun dan termenung ? kalau hanya begitu lebih baik tak usah berpayah-payah atau membuang waktu untuk membaca tulisan ini.

Tulisan ini disusun tidak hanya untuk dibaca, dihafal, atau dilamunkan saja. Tulisan ini bukan beirisi mantera-mantera yang dapat menyihir anda menjadipandai, maju dan sukses tanpa bertindak apapun. Tapi tulisan ini berisi beberapa petunjuk yang perlu dipahami, lalu dipraktekkan, dilaksanakan dan selanjutnya dibiasakan. Itulah yang terpenting, olehnya itu gunakanlah petunjuk ini untuk memotivasi diri dalam meraih kesuksesan. Kadang kita bertanya pada diri sendiri Dapatkah saya sukses seperti orang lain yang telah sukses ?

Jawabnya optimis “dapat” tetapi ada syaratnya. Berprinsiplah, kalau orang lain bisa, saya juga harus bisa. Tapi tentu harus disesuaikan dengan bakat, kemampuan orang tua dalam membiayai, taknya sendiri dan profesinya.

Dunia ini sangat luas,bukan hanya maksudnya bila kita mau usaha (ingin maju) banyak jalannya tergantung pada niat dan kemauan seseorang. where there Is a Will There Is Away (Diamana ada kemauan, disana ada jalan). Didunia ini dimana ada kesulitan, disamping itu ada kelapangan. hidup tiada berilmu bagai sampan tak berkemudi, orang yang tak menambah ilmunya, berarti kalah dalam perjuangan hidup. Hati sama dengan pisau, pengetahuan sama dengan batu asahan. Apabila pisau tidak diasah pada batu asahan tentu akan tumpul dan berkarat. Orang yang tak mau menjadi murid/siswa dia tak akan menjadi guru. hakikat buta bukanlah buta mata, tetapi buta hati. Hakikat miskin bukanlah miskin harta, tetapi miskinbudi. Harga manusia itu ialah menurut budi. Tegaknya rumah karena sendi, hilangnya sendi runtuhlah tangga. Tegaknya bangsa karena budi, hilangnya budi runtuhlah bangsa. Makanya kita harus mencamkan dalam hati bahwa pengetahuan dan ilmu adalah warisan para Nabi sedangkan harta kekayaan adalah warisan Fir’aun dan Qarun. jangan anda lalai dalam menuntut ilmu, karena apabila anda malas menuntut ilmu berarti iblis telah ada dipintu hati anda.

Percaya pada diri sendiri adalah pokok segala keuntungan, sedangkan lambaian pucuk aru menurut arah mata ngin. Persatuan itu satu kekuatan. dan kekuatan itu membawa kemenangan. senjata persatuan lebih hebat dari pada bom atom. Ingat padi makin berisi makin tunduk, kelapa makintua makin berisi tetapi buah mengkudu makin tua makin busuk.

Ingat kita tidak bisa memperoleh kemajuan sedikitpun apalagi sukses dengan hanya memimpikannya, dengan hanya menghayalkannya sambil berpangku tangan dan bertopang dagu. sukses hanya akan kita peroleh kalau kita mau bertindak, bekerja sungguh-sungguh dengan semangat, antusiasme dan berdo’a serta pasrah kepada Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang..

Oleh karena itu buat apa menunggu-nunggu dan menunda-nunda. mulailah melaksanakannya sekarang juga, hari ini dan saat ini ! Semoga Allah meridhoi perjuangan kita, membimbing kita kejalan yang lurus, melimpahkan taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita sehingga kita memperoleh keberhasilan dan kesuksesan yang gemilang, bermanfaat dan penuh berkah. Amin Yaa Rabbal Alamin. (Dari beberapa sumber)

No comments:

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda !!!

Massappa Werekkada